cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019" : 20 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK Laili, Ismi; ., Ganefri; ., Usmeldi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.572 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21840

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk menghasilkan e-modul Project Based Learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk peserta didik SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Temuan penelitian ini yaitu penelitian ini berhasil mengembangkan e-modul project based learning pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. E-modul yang dikembangkan sudah efektif dilihat berdasarkan hasil belajar kognitif dan psikomotor peserta didik. Berdasarkan perbedaan hasil pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa e-modul sudah efektif. Implikasi dari penelitian ini yaitu agar e-modul dapat dikembangkan pada materi dan mata pelajaran lain hendaknya dilakukan pelatihan terhadap guru-guru tentang bagaimana membuat dan menggunakan e-modul yang mampu menarik minat peserta didik untuk belajar dan memberi nilai positif terhadap penggunaan smartphone. Kata kunci: Efektivitas, E-modul, Pengembangan
KINERJA BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DITINJAU DARI SIKAP INOVATIF, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR Sant, Alhubbiar; Rukun, Kasman; Irfan, Dedy
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.933 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21834

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini didasarkan pada kurangnya pencapaian tujuan kinerja belajar siswa yang dapat dilihat dari rendahnya kinerja belajar siswa yang terlihat pada rendahnya hasil praktek atau unjuk kerja siswa ketika praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Kinerja Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas XII berjumlah 142 siswa, sampel dipilih dengan metode random sampling berjumlah 105 siswa. Pemrosesan data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Inovatif memiliki hubungan positif yang signifikan dengan Kinerja Belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,389 dan kontribusi sebesar 0,151. Selain itu, ada juga hubungan positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,418 dan kontribusi 0,174. Selanjutnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Motivasi Belajar dengan Kinerja Belajar TIK, dengan koefisien korelasi 0,323 dan kontribusi sebesar 0,104. Akhirnya ditemukan juga hubungan positif yang signifikan antara Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar bersama-sama dengan Kinerja Pembelajaran PTIK, dengan koefisien korelasi 0,575 dan kontribusi 0,330. Temuan ini merekomendasikan perlunya sikap inovatif, disiplin dan motivasi siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan kinerja kinerja pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi siswa. Kata kunci: Sikap Inovatif, Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Kinerja Belajar
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MEDIA AS SUPPORT FOR WORKSHOP MATERIALS ON MODEL SCHOOL PROGRAMS ., Ariasdi; Rukun, Kasman; Irfan, Dedy
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.97 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21864

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah perlunya peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pembelajaran di Sekolah Model yang dibangun oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Barat (LPMP). Para guru membutuhkan peningkatan kompetensi dalam bentuk workshop untuk mengemas media pembelajaran berbasis TIK agar layanan proses pembelajaran kepada siswa sesuai dengan kompetensi abad ke-21. Agar materi workshop dapat diserap guru secara optimal, perlu dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK yang praktis sehingga materi pembelajaran dapat dikuasai secara maksimal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, melalui tahapan; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media ini telah diuji kepada Guru Model Sekolah binaan LPMP Sumatera Barat 2019 dalam bentuk pra-eksperimen design dengan melihat perbandingan hasil Pretest-Posttest. Validator media terdiri dari dosen dan praktisi (widyaiswara) untuk melihat validitas media dan konten materi. Nilai rata-rata validasi media adalah 0,85, sedangkan konten materi rata-rata adalah 0,88. Skor rata-rata lokakarya pra-tes sebelum menggunakan media 65,5 setelah menggunakan media diperoleh rata-rata 83,3. Tes kepraktisan berdasarkan tanggapan instruktur (widyaiswara) dihasilkan skor 91% dikategorikan sangat praktis dan berdasarkan tanggapan guru (peserta workshop) skor rata-rata 86,34% dikategorikan sangat praktis. Representasi data menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat membantu bagi guru dalam menguasai materi workshop. Kata kunci: media interaktif; sekolah model; kompetensi guru; materi workshop
ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA TEKS PIDATO KLAIM KEMENANGAN PILPRES 2019 Eka Yanti, Ni Putu Dewi; Putrayasa, Ida Bagus; Artika, I Wayan
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.44 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21846

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur dalam teks pidato klaim kemenangan Pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto menurut kajian van Dijk, dan (2) karakteristik AWK dalam pidato klaim kemenangan Pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan AWK model van Dijk. Data berupa teks pidato klaim kemenangan pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto dengan AWK van Dijk. Subjek dalam penelitian ini teks pidato klaim kemenangan pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto dan objek penelitian adalah struktur dan karakteristik AWK model van Dijk. Data tentang struktur mikro teks pidato klaim kemenangan pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Data tentang struktur dan karakteristik dalam  teks pidato klaim kemenangan pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Seluruh data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik deskritif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan analisis struktur dalam teks pidato klaim kemenangan Pilpres 2019 oleh Joko Widodo dan Prabowo Subianto menurut kajian van Dijk, menunjukkan bahwa pada kedua teks pidato tersebut telah sejalan dengan tiga struktur wacana van Dijk (struktur makro, supra, dan mikro). Kata kunci: Analisis Wacana Kritis (AWK), Van Dijk, Teks Pidato
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMBAR TEKNIK II (CAD) BERBASIS MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DI AKADEMI KOMUNITAS Fernandes, Erik; ., Syahril; ., Waskito
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.908 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21841

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik berada di bawah 70  (40,83%). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang  mendukung pembelajaran mata kuliah   Gambar Teknik II (CAD)  berbasis Model Explicit Instruction di Akademi Komunitas. Bahan ajar ini dirancang untuk dapat meningkatkan hasil belajar  peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (four-D), prosedur pengembangan 4-D yaitu: terdiri dari 4 tahap utama yaitu,  (1) Define  (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh validator ahli, dosen dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validitas  yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut; (1) Validitas bahan ajar  valid pada aspek materi/isi  dengan nilai validitas adalah 0,833 kemudian  pada aspek media  dengan nilai 0,8 dan pada aspek bahasa dengan nilai 0,78 (2) Praktikalitas bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction bedasarkan respon dosen setelah melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 81,67. Sedangkan pada praktikalitas berdasarkan respon peserta didik setelah melalui uji coba dinyatakan  praktis dengan total nilai 82,33%, (3) Efektivitas bahan ajar  gambar teknik II (CAD)  berbasis Model Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebelum dengan sesudah menggunakan media pendukung pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar ditandai dengan meningkatnya nilai peserta didik sebelum pembelajaran 68,43 meningkat setelah dilakukan pembelajaran menjadi 87,5. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa bahan ajar gambar teknik II (CAD) berbasis model Explicit Instruction ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar Gambar Teknik II (CAD) di Akademi Komunitas Kata kunci: Bahan Ajar, Gambar Teknik II (CAD), Explicit Instruction
PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN GAWANG PINTAR DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN PENGEMBANGAN KONSEP MATEMATIKA PADA ANAK TK Surniyati, Putu
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.9 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21835

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan pengembangan konsep matematika terhadap siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan sebanyak 17 orang. Kemampuan matematika awal siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan mengalami peningkatan dengan penerapan metode bermain gawang pintar. Pada siklus I sebaran nilai kemampuan matematika permulaan anak, yang dinyatakan tuntas 76,47% dan tidak tuntas 23,53%. Pada siklus II sebaran nilai hasil observasi kemampuan kognitif anak, yang dinyatakan tuntas 88,24%dan tidak tuntas 11,76%. Berdasarkan ketuntasan belajar (KB) yang ditetapkan penelitian ini sudah berhasil. Saran dalam penelitian inia yaitu kepada guru untuk lebih memanfaatkan permainan yang sederhana yang dapat memicu perkembangan matematika anak. Kata kunci: Matematika, Taman Kanak-Kanak, Gawang Pintar, Bermain
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA KECANTIKAN Setiawati, Erlin; Efi, Agusti; ., Rahmiati
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.987 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul pembelajaran kecantikan dasar siswa kelas X  X Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang dan melakukan pengukuran validitas, praktikalitas dan efektivitas dari hasil pengembangan.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), prosedur penelitian dilakukan dengan design pengembangan Four D?s dengan tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data adalah angket berskala Likert penilai validitas kepada pakar dan praktikalitas oleh siswa, lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dalam menilai praktikalitas, soal objektif digunakan untuk penilaian efektivitas. Analisis data validitas menggunakan rumus Aiken V, analisis praktikalitas dengan rumus persentase, dan analisis data efektvitas menggunakan independent sample t test untuk pengujian hipotesis. Sampel penelitian masing-masing 18 orang siswa Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 6 Padang untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian adalah 1) Pengembangan telah dilakukan dengan model pengembangan Four D?s yang menghasilkan sebuah modul Dasar Kecantikan Kulit dengan dua kompetensi dasar yakni Pengetahuan Perawatan Kulit Wajah dan Rias Wajah Sehari-hari, 2) Hasil analisis validitas modul memiliki nilai rata-rata pada aspek karakteristik modul sebesar 0.839, dan memiliki rata-rata pada seluruh aspek standar penyusunan modul sebesar 0.829 dengan kategori valid. Hasil analisis praktikalitas berdasarkan persepsi siswa dalam menggunakan modul memiliki rata-rata sebesar 88% berkategori sangat praktis. Hasil analisis efektivitas menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan berbunyi diterima pada tingkat kepercayaan 95%?, Kata kunci: Modul, Dasar Kecantikan Kulit, Penelitian dan Pengembangan
PENGEMBANGAN MODUL PEMROGRAMAN WEB BERBASIS KONSTRUKTIVISME DI AKADEMI KOMUNITAS PESISIR SELATAN ., Jusmardi; Syah, Nurhasan; Irfan, Dedy
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.261 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21842

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah jobsheet yang terdapat di Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan belum dapat membantu mahasiswa memahami materi lebih dalam dan belum mampu mengkonstruksi pengetahuan mahasiswa dalam Mata kuliah Pemrograman Web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis konstruktivisme sehingga mahasiswa dapat memahami materi mata kuliah dan untuk menentukan efektifitas dari modul berbasis konstruktivisme yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dengan model pengembangan 4D. Jenis data yaitu data primer dimana data  yang  diberikan  oleh  ahli,  dosen,  dan  mahasiswa.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan keefektifan  modul  pembelajaran  berbasis konstruktivisme. Kata kunci:      Research and Development, Modul Pembelajaran, Konstruktivisme, Efektifitas
KONTRIBUSI PENGUASAAN PENGETAHUAN PRODUKTIF DAN PENGALAMAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN SISWA BERWIRAUSAHA DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN Yunizar, Yessi; ., Sukardi; Effendi, Hansi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.039 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21832

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang siapnya siswa kelas XII untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kontribusi penguasaan pengetahuan produktif terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (2) kontribusi pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan siswa berwirausaha, (3) Kontribusi penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha.Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ di SMK Negeri 6 Padang sebanyak 29 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan pengetahuan produktif berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 26,7%; (2) Pengalaman praktek kerja industri berkontribusi terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 29,2% dan (3) penguasaan pengetahuan produktif dan pengalaman praktek kerja industri berkontribusi secara bersama-sama terhadap kesiapan siswa berwirausaha sebesar 40,5%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada SMKN 6 Padang, agar meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar dengan cara memberikan pengayaan kepada siswa tentang pengetahuan produktif yang telah diberikan sehingga siswa dapat memahami kembali materi produktif dan melakukan pengawasan secara efektif terhadap pelaksanaan prakerin dengan baik. Kata kunci: penguasaan pengetahuan produktif, Pengalaman praktek kerja industri, kesiapan berwirausaha
KESIAPAN GURU VOKASI SMKN 1 SUMATERA BARAT DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Yuara, Yunda Permatha; Rizal, Fahmi; Kusumaningrum, Indrati
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.066 KB) | DOI: 10.23887/jipp.v3i3.21836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru vokasi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan empat variabel bebas dan satu variabel terikat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 58 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasional dan regresi. Teknik korelasional tunggal dilakukan untuk melihat hubungan antar varibel x dengan variabel y, lalu dilanjutkan dengan regresi. Hasil analisis diperoleh nilai F regresi sebesar 16.773 pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05, yang berarti variabel X1, X2, X3, dan X4 secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif denganva riabel Y. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi berpengaruh nyata terhadap kesiapan guru dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Kata kunci: kesiapan guru, guru vokasi, revolusi industri 4.0

Page 1 of 2 | Total Record : 20